Skip to main content

RPP K13 Kelas 1 Semester 2 Peristiwa Alam Ke 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Peristiwa Alam
Petemuan ke                 :  4
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Penjaskes & OR
þ  Mempraktikkan berbagai bentuk permainan pengenalan air (T8)

Seni Budaya & Prakarya
þ  Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan (KI-1)
þ  Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari (KI-2,KD-1)
þ  Mengenal  disiplin dan aturan dalam berkarya (KI-2,KD-3)
þ  Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari (KI-3,KD-3)
þ  Melakukan gerakan ombak, angin dan air dengan menggunakan level tinggi, sedang, rendah. (KI-4,KD-11)
þ  Melakukan gerakan ombak, angin dan air, dengan menggunakan level tinggi, sedang,  rendah dengan iringan (KI-4,KD-12)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Penjaskes & OR
þ  Mengenal tempat tempat berbahaya di sekitar rumah
þ  Masuk dan keluar kolam renang dengan hati-hati
þ  Berjalan-jalan di tempat yang dangkal
þ  Mengambil benda dari dasar kolam renang yang dangkal.

Seni Budaya & Prakarya
þ  Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
þ  Mendeskripsikan keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
þ  Memperagakan gerak-gerak bagian kepala, kaki, tangan dan badan berdasarkan hasil pengamatan tentang ombak dengan percaya diri
þ  Melakukan gerak per bagian anggota tubuh sesuai dengan langkah-langkah atau urutan yang telah ditentukan
þ  Mengidentifikasi berbagai level gerak dalam tari
þ  Menyebutkan berbagai level gerak dalam tari
þ  Mendeskripsikan gerak ombak kecil dan ombak yang besar
þ  Membedakan gerak ombak kecil dan ombak besar ke dalam bentuk gerak tari
þ  Memperagakan gerak ombak kecil dan ombak besar ke dalam bentuk gerak tari


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERIPEMBELAJARAN
Penjaskes & OR
þ  Berbagai bentuk permainan pengenalan air (T8)

Seni Budaya & Prakarya
þ  Unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari
þ  Gerakan ombak, angin dan air dengan menggunakan level tinggi, sedang, rendah


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Peristiwa Alam
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Menceritakan urutan peristiwa alam misalnya berkaitan dengan terjadinya banjir atau kekeringan melalui gambar seri
þ   Memilih kata dalam puisi yang menunjukkan perilaku terpuji yang berkaitan dengan peristiwa alam (misalnya petir, badai, angin ribut, hujan, dan sebagainya)
þ   Menuliskan puisi atau karangan sederhana berkaitan dengan perilaku terpuji berkaitan dengan peristiwa alam
þ   Menceritakan akibat peristiwa alam yang menimpa sekolah, misalnya kelas-kelas bocor atau banjir karena hujan berkepanjangan.
þ   Menyebutkan sikap yang harus dilakukan jika melihat teman sekolah tertimpa musibah seperti kekeringan atau banjir
þ   Menggambar/melukis pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu
þ   Menentukan dan menjelaskan berbagai bangun datar yang dapat atau tidak dapat membentuk pengubinan
þ   Membuat desain permukaan lantai berdasarkan beberapa pola bangun datar ( segitiga, segiempat, lingkaran
þ   Mendengarkan kegunaan berenang sebagai upaya keselamatan diri
þ   Menyebutkan arti terbenam, melayang dan mengapung dalam aktivitas air
þ   Menyebutkan perbedaan berjalan di darat dengan di dalam air
þ   Memperagakan gerak masuk dan keluar kolam renang dengan memperhatikan faktor keselamatan
þ   Mempraktikkan permainan berjalan-jalan di tempat yang dangkal
þ   Mengambil benda-benda kecil di dari dasar kolam renang dengan membuka mata

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Video tentang ombak di lautan
þ  Gambar ombak di laut
þ  Video tari-tarian yang menggambarkan ombak
þ  Video tari yang menjelsakan tentang level gerak dalam tari
þ  Buku paket Tari
þ  Reward untuk siswa yang berani dan percaya diri menirukan gerak ombak dengan berbagai level
þ  Mempersiap-kan tempat untuk mementaskan gerak siswa per kelompok di depan kelas


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…