Friday, April 10, 2015

Menyikapi Anak yang Selalu Ingin Ikut Orang Tua

Dari status Adi W Gunawan. "Pak Adi, saya mohon bantuan bapak. Saya punya tiga anak yang masih kecil. Setiap kali saya mau keluar rumah, jalan ke mal, anak-anak pasti nangis dan minta ikut. Herannya, kalau saya berangkat kerja, mereka ngerti dan tidak minta ikut. Tolong saya diberitahu sugesti apa yang cocok yang saya bisa berikan pada anak waktu mereka tidur supaya kalau pas saya keluar rumah, anak-anak tidak minta ikut dan tidak nangis"
Ini sepenggal kalimat dalam email yang saya terima dari seorang ibu yang tampaknya agak frustrasi.
Tentu dengan senang hati saya bantu Ibu ini dan menyusun kalimat sugesti berikut:
"Saya adalah Ibu yang baik. Saya merasa senang, bahagia, dan bersyukur pada Tuhan karena dikarunia tiga anak yang lucu dan sehat. Saya menikmati waktu bersama anak-anak saya sepenuhnya, baik di rumah, atau saat keluar bersama. Saat saya keluar rumah dan anak-anak minta ikut, saya dengan senang hati membawa semua anak saya karena ini adalah nikmat kebersamaan yang sungguh luar biasa indah. Anak-anak adalah permata kehidupan yang sangat saya cintai, hargai, dan kasihi sepenuh hati. Demikianlah kenyataannya."
Saya minta si Ibu untuk membaca kalimat ini lima kali setiap malam saat mau tidur.
Lho, kok Ibunya yang disugesti, dan bukan anak-anaknya?
Masa kecil anak adalah masa yang sangat indah. Kebersamaan ini tidak berlangsung lama. Sebagai orangtua, saya telah mengalaminya. Dulu, waktu anak masih kecil, saat kami keluar rumah mereka pasti minta ikut. Untungnya saat itu saya telah memahami bahwa inilah kesempatan menikmati kebersamaan dengan anak-anak. Setiap kali kami keluar, kami pasti mengajak anak-anak bersama.
Pemikiran saya sederhana. Nanti kalau mereka sudah besar, mereka sudah punya dunia dan kesibukan sendiri. Kita akan sulit mengajak mereka keluar. Dan memang demikianlah kenyataannya.
Jadi, bila anak minta ikut, ajaklah. Nikmati masa-masa indah ini selagi sempat dan selagi anak mau ikut atau mau diajak pergi.

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...